728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tips Penerbangan Menyenangkan

     
    Penghujung tahun sudah tiba, tentunya banyak dari teman-teman sudah merencanakan liburan akhir tahunnya dan menyambut tahun baru,  entah itu mudik atau perjalanan wisata.

    Nah, agar perjalanan kita lebih menyenangkan, ada hal-hal yang harus kita persiapkan. Jika perjalanan yang akan kita tempuh memiliki jarak  yang jauh, transportasi udara tentunya menjadi pilihan yang lebih efektif.

    Tidak selamanya perjalanan dengan pesawat harus mengeluarkan biaya yang mahal. Acapkali maskapai menawarkan pilihan tiket pesawat promo domestik dan internasional yang bahkan ternyata lebih murah daripada biaya transportasi darat seperti bus dan kereta. Namun, tentu saja perlu Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Murah.

    Setelah anda mendapatkan tiket pesawat, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penerbangan?

    Di atas yang pertama adalah tentunya menyerahkan perjalanan  penyertaanNya, kemudian perhatikan hal berikut:

    1. Persiapan awal
    Buatlah catatan kecil untuk barang-barang yang akan anda bawa (termasuk obat-obatan), dan list tempat - tempat yang anda ingin kunjungi. Selain buku peta wisata, GPS atau Google Map sangat membantu menemukan letak tempat wisata yang ingin dikunjungi. Informasi tempat wisata juga anda bisa temukan dengan mudah di Internet.

    2. Berkemas
    Siapkan Tiket dan Kartu Identitas diri lalu mulai Packing atau memuat barang ke dalam tas atau koper dengan menghindari membawa sejata api, benda-benda tajam, bahan yang mudah meledak atau pecah.

    a. Barang di Bagasi
    Muatlah barang bawaan anda ke dalam tas/koper untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat sesuai kapasitas yang anda pesan di dalam tiket, misalnya 20KG atau 40 KG. Apabila melebihi kapasitas, maka akan dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan maskapai masing-masing.

    b. Barang di Cabin
    Muatlah barang kedalam tas atau koper yang sesuai dengan ukuran bagasi, biasanya Cabin Size adalah : 56cm x 36cm x 23cm dan tidak lebih dari 7KG. Selain itu bawalah barang berharga dalam tas tangan anda.

    3. Uang Cash
    Sebaiknya anda mempersiapkan uang kontan dalam pecahan-pecahan tertentu yang berguna untuk membayar Taxi/bus, pajak bandara, jasa porter, membeli cemilan dan lain-lain

    4. Menuju Bandara
    Jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya anda melakukan pemesanan TAXI terlebih dahulu atau berangkat dengan Bus bandara lebih awal. Perkirakan kondisi di  jalan menuju bandara (macet/hujan)

    5. Check -In
    Anda sudah harus tiba di bandara 2 jam sebelum melakukan penerbangan. Biasanya batas Check-in maksimal sekitar 45 menit sebelum waktu take off tergantung kebijakan setiap maskapai. Layanan web Check-In juga tersedia untuk maskapai tertentu, anda bisa menggunakannya.

    7.  Perhatikan Jam Boarding Pass
    Setelah check in, anda akan diberikan tiket masuk boarding pass yang mencantumkan waktu/jam anda harus boarding pass. Biasanya setelah Check-In masih banyak penumpang yang memilih keluar dulu dan bertemu dengan keluarga. Masuklah ke ruang tunggu sebelum jam boarding pass.

    8. Waiting Room

    1. Konfirmasi kepada petugas apakah pesawat sudah tiba atau delay
    2. Perhatikan layar monitor yang menyajikan jadwal keberangkatan pesawat
    3. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penumpang sekitar, mungkin saja anda memiliki penerbangan yang sama
    4. Perhatikan pemberitahuan dari Operator bandara tentang jadwal keberangkatan
    5. Perhatikan Nama pesawat yang anda akan gunakan di area lintasan bandara*

    * Hal ini saya sarankan mengingat tidak semua ruang tunggu di bandara membagi "Gate" menuju pesawat. Bahkan saya sudah konfirmasi kepada petugas berulang kali dan hanya meminta saya melihat dimana pesawat parkir. Selain memperhatikan layar monitor saya coba mendengar operator namun tidak ada memberi peringatan untuk segera menuju pesawat. Hingga akhirnya saya melihat petugas bandara mengangkat papan bernomor penerbangan saya dan ia tidak bersuara. Segera saya berlari dan ternyata kami penumpang terakhir, sementara sudah berada di waiting room cukup lama. Karena itu jangan sungkan tanyakan petugas yang berbeda tentang keberangkatan anda. (Kejadian ini di Bandara Jogjakarta)

    9. Prosedur Keselamatan
    Di dalam pesawat, seluruh penumpang turut andil dalam prosedur keselamatan, perhatikanlah peraturan di dalam pesawat. Misalnya: Memakai seat belt (sabuk pengaman), mematikan Handphone dan memperhatikan arahan kru pesawat.

    10. Musik atau Buku
    Bagi anda yang suka buku, bawalah buku untuk dibaca sembari menikmati perjalanan anda, atau memutar portable musik kesukaan anda.

    11. Turun dari Pesawat
    Setelah anda tiba di bandara tujuan, jangan lupa untuk memperhatikan barang bawaan anda jangan sampai anda yang tertinggal atau tertukar, khususnya barang di cabin demikian juga saat antri menunggu barang bagasi anda, jangan sampai tertukar atau terlupa. Jika barang anda tidak ada segeralah melapor ke petugas. 
    * Tak jarang ada kejadian, anda sudah tiba di Bali, namun bagasi anda di Jogjakarta (Well, just human error)

    12. Keluar dari Bandara 
    Anda bisa menggunakan berbagai jasa transportasi ke tempat tujuan anda dengan tarif yang anda sudah cari tahu informasinya.

    ..Lalu jangan lupa mengucap syukur kepadaNya atas penerbangan anda ..

    Demikian 12 Tips untuk mempersiapkan penerbangan yang menyenangkan, semoga bermanfaat yah.



    Hava a Nice flight All....!! :) 



    - ria citinjaks- 


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Tips Penerbangan Menyenangkan Rating: 5 Reviewed By: myamazingadventure.com
    Scroll to Top