728x90 AdSpace

  • Latest News

    5 Jenis Bisnis Sampingan Untuk Karyawan


    Bekerja di kantoran dengan durasi pekerjaan sekitar 8 jam (9 pagi-5 sore) dengan gaji besar terkadang sudah cukup memberi rasa tenang dan nyaman bagi seorang karyawan. Belum lagi ditambah berbagai jenis tunjangan,  termasuk didalamnya tunjangan kesehatan (asuransi).

    Akan tetapi, banyak karyawan yang merasa memiliki gaji kecil, masih minim, dan  kurang untuk memenuhi berbagai tuntutan kebutuhan hidup sendiri dan keluarga.

    Di sisi lain, ada juga  karyawan yang merasa sudah cukup dengan penghasilannya, namun karena jiwa bisnis yang dimilikinya, membuat ia gelisah jika tidak dapat menuangkan berbagai ide nya dalam sebuah karya kreatif yang justru bisa mendatangkan duit.

    Karena itu, perlu sekali untuk melakukan kegiatan bisnis yang tentu jangan sampai mengganggu pekerjaan prioritas anda. 

    Seperti apa sih contoh kegiatan bisnis sampingan yang bisa anda lakukan?

    1. So Pasti Bisnis Online 
        
    Berbagai bisnis online anda bisa temukan dimana-mana mulai dari menjadi seorang Blogger, Penulis, Editor, bisnis elektronik, Bisnis Tiket Pesawat, jual beli tas , bisnis fashion di web atau akun sosial media seperti Instagram, Fanpage Facebook, dan buanyak lagi. Kamu bisa menggeluti bagian mana yang sesuai dengan minat. Kamu bisa melakukannya di sela-sela waktu senggang, jam istirahat  atau bahkan di perjalanan pulang kerja dan di malam hari kala kamu punya waktu santai.  Daripada menghabiskan banyak waktu di sosial media untuk hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat, kenapa tidak kalau digunakan untuk aktifitas bisnis kamu, kan kreatif bukan?

    Modal yang anda gunakan tentu : Gadget/PC dan  Internet

    2. Bisnis Jasa (Melalui keahlian dan ketrampilan)

    Setiap manusia pasti terlahir dengan berbagai potensi talenta, contohnya: Kemampuan menjadi MC atau Moderator, Menyanyi, Mengajar, Memperbaki perangkat elektronik, fotografer dan lain-lain. Atau bahkan anda yang tinggal di daerah wisata bisa menjadi guide bagi wisatawan pada saat weekend. Anda bisa memanfaatkan kemampuan anda (Skill) untuk menghasilkan pemasukan.

    3. Bisnis Sewa Barang

    Bisnis ini juga cukup banyak memberikan keuntungan, dikarenakan barang yang disewakan tetap menjadi hak milik anda.

    Yah, tentu sebuah barang tidak terlepas dari biaya penyusutan atau resiko rusak, namun anda dapat mengantisipasinya melalui perjanjian dengan pihak penyewa.

    Contoh bisnis sewa: Sewa atau rental mobil, sewa rumah atau kamar kos, sewa buku, VCD, kamera , dan lain-lain.

    4. Bisnis Jual Beli Barang (Tangible/Berwujud)

    Anda dapat membeli suatu barang dengan jumlah besar dan harga nego, kemudian anda jual kembali dengan keuntungan yang anda harapkan.  Barang bisa berupa pakaian, kerajinan, barang elektronik, kecantikan, rumah tangga dan lain-lain.

    5. Gabungan Bisnis Barang dan Jasa 

    Saya menyebutnya dengan istilah bisnis olahan. Bisnis makanan/minuman/kerajinan merupakan bagian dari contoh bisnis ini.

    Anda membeli bahan mentah kemudian diolah kembali menjadi barang jadi dan anda jual dengan harga yang jauh melebihi biaya yang dikeluarkan. 

    Saya masih ingat, dulu ketika masih di dalam busway dengan kondisi Jakarta hujan dan macet, saya melihat seorang wanita duduk menikmati macet sambil merajut bermacam warna untainan benang yang hasil akhirnya bisa berupa topi bayi atau hiasan rambut (bando).

    Sambil menghindari kebosanan saat macet, tentu menikmati merajut benang menjadi terapi yang baik untuk pikiran, mengerjakan  hobby bahkan mendatangkan pendapatan.

    So, jangan takut untuk mulai berbisnis sembari kamu tidak lupa terhadap prioritas utama pekerjaan. Namun kalau memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis, pertimbangkan matang-matang kelebihan dan kekurangannya, kerugian dan keuntungannya.



    Sukses itu milik semua orang. J




    Artikel Terkait





    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: 5 Jenis Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Rating: 5 Reviewed By: myamazingadventure.com
    Scroll to Top