728x90 AdSpace

  • Latest News

    Jakarta City is The J-Town, Duta ASEAN Bagi Dunia Internasional

    Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang berada di antara benua Asia dan Australia dan dilintasi garis khatulistiwa. Sejak abad ke-7 Indonesia merupakan wilayah perdangangan yang penting di dunia.  Bhineka Tunggal Ika menjadi semboyan yang tepat bagi negara yang kaya akan berbagai suku bangsa dan bahasa ini. 

    Dari 10 Negara Asean, Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara mencakup wilayah yang luas dan penduduk terbanyak.  Negara Republik Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 2.027.087 km2 , sementara Singapura merupakan negara paling terkecil yang hanya mencakup wilayah seluas 685km2.  Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak sekitar 237juta jiwa sementara  Brune Darussalam memiliki penduduk sekitar 381 ribu jiwa. 

    Walau memiliki penduduk terbanyak di Asia Tenggara bahkan 4 besar di dunia setelah China, India, Amerika Serikat, namun tidak terjadi kepadatan penduduk di negara Ini. Karena itu, Singapura sebagai negara paling kecil wilayahnya menjadi negara terpadat di Asia Tenggara, sementara Laos yang merupakan negara yang terdiri dari hutan dan pegunungan merupakan negara paling jarang penduduknya.

    Indonesia dihuni Suku Asli Terbanyak 
    Negara dengan garis pantai terpanjang di dunia ini dihuni oleh penduduk suku asli yaitu; Melayu, Batak, Betawi, Sunda, Tengger, Baduy, Toraja, Dayak, Asmat, Banjar, Sasak.

    Saya yang berasal dari Sumatera bersuku batak saja bisa melihat bahwa suku ini sendiri masih memiliki berbagai jenis bahasa dan budaya yang berbeda dalam adat istiadatnya. Suku batak masih memiliki banyak jenis seperti ;  Batak Toba, Mandiling, Karo, Simalungun, Pakpak. Saya sendiri berasal suku Batak Toba, namun tidak begitu paham dalam berbahasa daerah seperti 4 suku batak lainnya.

    Selain kaya akan budaya , Indonesia adalah negara berkembang dengan kekayaan alam pertanian dan perkebunannya seperti padi, teh, kopi dan pertambangan (minyak bumi, nikel, timah, emas,intan, batubara, dan lain-lain).

    Dunia Internasional menganggap Jakarta setara dengan New Your City (The Big Apple)

    Beautiful Jakarta - Wikimedia Commons
    Jakarta merupakan satu-satu nya kota di Indonesia yang setingkat dengan provinsi  yang terletak di bagian barat laut.  Luas wilayah sekitar 661,52km2 dan penduduk berjumlah sekitar 10.187.595. Sedangkan wilayah metropolitan jakarta yaitu Jabodetabek memiliki penduduk sekitar 28 juta dan merupakan mertropolitan terbesar di Asia dan ke-2 di dunia.

    Karena memiliki jumlah penduduk yang banyak di daerah ini yang menghasilkan berbagai sumber daya yang handal, menyebabkan Jakarta memiliki pembangunan yang lebih cepat dibanding wilayah lainnya.  Jakarta pun kemudian menjadi pusat bisnis, kebudayaan,dan pusat administrasi negara dan markas perusahaan swasta dan asing di Indonesia. Kota ini pun tumbuh menjadi kota kreatif dimana segala potensi sumber daya manusia tercurah dalam berbagai karya termasuk dalam seni, budaya dan kerajinan. Selain itu kota Jakarta juga dilayani bandara besar seperti Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdana Kusuma yang menjadi konektifitas fisik yang menghubungkan kota antar pulau dan dari negara-negara lainnya.

    Jakarta Kota Diproklamirkannya Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2013

    Jakarta sebagai wilayah Indonesia  mengalami penjajahan dari pasukan Hindia Belanda yang pada saat itu menyebut Jakarta dengan nama Batavia. Namun setelah Belanda, berganti Jepang menjajah Indonesia dan mengganti nama Batavia menjadi Djakarta untuk menarik perhatian dunia terhadap kekuasaan Jepang di Indonesia. 
    Kota Jakarta merupakan Kota yang dipilih untuk memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesai pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan Peningkatan status wilayah Jakarta yang awalnya masuk kawasan Jawa Bawat yang dipimpin oleh walikota beralih kepada Daerah Tingkat Satu yang dipimpin oleh Gubernur.

    Sejak saat itu, pertumbuhan kota jakarta semakin pesat baik dalam jumlah penduduk dan pembangunan sebagai pusat bisnis, ditandai dengan banyaknya bangunan pemerintahan dan BUMN dan swasta yang menjadikan Jakarta menjadi Central berdirinya perusahaan mereka. 70% arus peredaran rupiah di Indonesia terjadi di kota Jakarta.

    Indonesia adalah Negara Yang Turut Memprakarsai Terbentuknya ASEAN.

    Kawasan Asia Tenggara yang kaya alam dan sumber daya manusia perlu untuk dimajukan bersama dalam hal pembangunan. Peningkatan ekonomi tentunya harus dibarengi oleh masyarakat yang bermukim di kawasan geografis kaya ini.  Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina sepakat untuk membentuk suatu Komunitas yang memajukan negara-negara Asean.




    Kota Jakarta dipilih menjadi Kota Diplomat Asean (Diplomatic City Of Asean)

    1. Jakarta Tempat Berbagai Etnis Budaya Ditemukan

    Indonesia sebagai negara yang memprakarsai Asean dan memiliki keunggulan besar di mata dunia sebagai negara Asean, menjadi kota sekretariat Asean berdiri. Kota Jakarta  melambangkan kekayaan budaya dan sosial yang dimiliki negara-negara Asia Tenggara yang terkenal di mata dunia memiliki kekayaan budaya yang melimpah.

    Suku bangsa dan bahasa yang dimiliki negara terluas ini hampir bisa di temukan di kota Jakarta. Berbagai informasi cagar budaya lebih mudah penetrasinya ditemukan di kota yang disebuat mertropolitan terbesar di dunia ini.
    Seluruh etnis penduduk Indonesia bisa dikatakan hampir seluruhnya ditemukan di Kota Jakarta, Orang jawa, betawi, sunda, Tionghoa, Batak, Minangkabao, Melayu, Bugis Berbagai proyek besar pun dilakukan termasuk dalam pembanguna Gelora Bung Karno , Madura, Banten, Banjar dan lain-lain.
    Dunia internasional saja menyebut Jakarta sebagai J-Town atau kota Durian , tujuan penyebutan itu karena Jakarta disetarakan dengan kota di Negara Amerika yaitu Kota  The Big Apple ( New York City). Selain dari pembangunan yang berkembang pesat. banyaknya suku bangsa dan bahasa akan memudahkan terkoneksinya sebuah infromasi secara cepat dan meluas ke seluruh daerah-daerah Indonesia.

    Selain penduduknya yang kreatif ditandai banyaknya aktifitas ekonomi mandiri dalam melakukan kegiatan usaha, berbagai interaksi di sosial media juga sangat mudah sekali meluap  di kota Jakarta ini. Jakarta saja disebut sebagai Ibu kotanya Twitter, sosial media sebagai sarana berbagi informasi, ide memiliki tingkat keatktifan yang tinggi di dunia. Penyebaran informasi pun akan sangat mudah diawali dari kota Jakarat, termasuk informasi positif dan program-program besar termasuk ASEAN Community 2015.

    2. Jakarta Sangat Siap Hadapi Asean Community 2015 , Dengan Pemimpin Yang Horizontal, Inklusif dan Sosial

    Kesiapan Jakarta hadapi Komunitas Asean tidak terlepas dari peranan pemerintah kota Jakarta sendiri. Berbagai gebrakan dalam sistem pemerintahan yang barupun terus dilakukan.

    Terbentuknya sistem pemerintahan Horizontal dan Inklusif berbasis pada rakyat bersama-sama menciptakan perubahan menjadi kabar mendunia yang datangnya dari Indonesia yaitu Jakarta.  


    Jakarta melalui Gubernur Joko Widodo dan Wakilnya Ahok, tak hanya mempersiapkan kota Jakarta lebih baik lagi, tapi mendongkrak segala sistem pemerintahan yang tidak membawa Indonesia kemana-mana. Seperti yang dikatakan oleh Gubernur Joko Widodo yang juga seorang enterpreneruship di Smesco Beberapa waktu lalu bahwa Prinsip enterpreneurship itu sangat bagus sekali dilakukan di pemerintahan. Artinya sebagai pemerintah , rakyat lah yang menjadi pelanggan dan prioritas utamanya .

    Jadi pemerintah harusnya berbaur ke tengah-tengah masyarakat untuk bisa mengerti kebutuhan mereka, masalah yang mereka hadapi untuk menciptakan suatu solusi dengan bergerak langsung. Era "Blusukan" sebagai simbol pemerintahan Horizontal pun menular ke banyak sistem pemerintahan daerah, bahkan dunia itnernasional dan negara Asean menjadikan jokowi menjadi sosok pemimpin yang baik untuk rakyat mereka. Sosok pemerintahan Jokowi menjadi acuan dan model yang tepat bagi pemimpin lain dan dunia.

    Bukan suatu keasingan jika menemukan sosok pemimpin kelas dunia ini harus turun ke gorong-gorong atau bahkan ke pasar-pasar dan bertemu dengan masyarakat dengan kerendahan hati. Pemimpin yang berorientasi pada Aksi dan prestasi menjadi contoh nyata bagi rakyat.

    Bertemu Gubernur Joko Widodo di Asean Blogger Festival Solo
    a. Program Atasi Kemacetan ( mulai diatasi dalam aksi )

    Berbagai sarana untuk membangun konektifitaspun terus dilakukan seperti perbaikan jalan, penambahan koridor busway, mulai dibangunnya  Mnorer dan Proyek MRT. Ini merupakan satu persiapan yang dilakukan menyambut Komunitas Asean 2015

    Dengan adanya penambahan koridur busway, Monorer dan program MRT akan mampu untuk menekan penggunaan kendaraan bermotor (pribadi) dalam berlalu lintas.  Sehingga akan dilakukan integrasi dalam jenis transportasi tersebut sehingga masyarakat akan memilih untuk menggunakan jasa trasnportasi massal (publik) daripada kendaaraan pribadi. Pengenaan biaya tarif parkir kendaraan pribadi pun akan disesuaikan dengan rencana ini, dimana akan terjadi kenaikan yang cukup tinggi, seperti halnya di negara Singapura.

    b. Pemerintah Kota Jakarta Berbasis pada Perubahan Sistem Pelayanan Publik

    Sistem pemerintahan Indonesia yang berpusat di Ibukota Jakarta, sarat dengan berbagai birokrasi. Gubernur Jakarta Joko Widodo melakukan berbagai perubahan sistem dengan memotong jaringan-jaringan yang tidak perlu dalam pelayanan publik.  Pemberian Kartu Jakarta Sehat merupakan terobosan baru yang langsung di lakukan oleh pemerintah. Pelayanan di kantor lurah, kecamatan , imigrasi dan pelayanan publik lainnya mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan.Perhatian dan pendidikan bagi masyarakat awam pun dilakukan.

    c. Pembangunan Kota Jakarta Libatkan Generasi Muda

    Gubernur Joko Widodo tak hanya sibuk dalam pelaksanaan program kerja untuk membangun Jakarta, tetapi beliau juga sering memberikan investasi edukatif terhadap banyak pelajar dan masyarakat Indonesia. 

    "Sudah tidak saatnya lagi tauran, masyarakat di negara-negara lain sangat sibuk berlomba-lomba dalam prestasi, masakan kita sibuk tauran", begitulah ungkapan Joko Widodo membuka pikiran pelajar yang sekolahnya terlibat tauran.

    Gubernur berusaha membuka pikiran generasi muda agar jangan terlarut dengan persoalan-persoalan yang tidak penting, terprovokasi , sementara negara lain terus berlari maju. Indonesia jangan sampai tertinggal dari negara-negara lain.
     

    d. Percantik Kota Jakarta - Gantikan Wilayah Kumuh menjadi Kampung Deret

    Pembangunan rumah susun bagi warga yang tinggal diperkampungan kumuh merupakan program yang sangat baru dan bagus. Seperti biasa , setiap gebrakan inipun selalu diawali dengan berbagai kontroversi. Namun Jokowi tahu benar tujuannya membangun Jakarta, karena itu ia terus maju tanpa memperdulikan kritikan-kritikan negatif yang bahkan berasal dari kalangan pemerintah. Masyarakatpun akhirnya bisa melihat bagaimana "Hati Seorang Pemimpin Yang Sesungguhnya". Joko Widodo menjadi pemimpin yang memberikan dampak besar bagi banyak masyarakat, tak hanya itu banyak yang bisa dipelajari dari pribadi dan kepemimpinannya.

    e. Pembangunan Hutan di Tengah Kota

    Kesiapan Jakarta tentu tidak terlepas dari kesiapan pemerintahnya sendiri. Bahkan Gubernur Joko widodo melakukan langkah besar dengan "membeli tanah sendiri dari swasta". Ini adalah langkah besar yang dilakukan pemerintah kota Jakarta, dimana ternyata sudah banyak tanah yang dijual ke swasta untuk pembangunan mall. Ada pembangunan mall yang menyebabkan saluran-saluran air tertutup dan menjadi salah satu faktor terhadap bencana banjir yang kerap terjadi di Jakarta selain daripada kecilnya gorong-gorong atau saluran air di Kota besar ini.

    Bahkan Joko Widodo pun akan membeli tanah swasta untuk pembangunan hutan kota,sehingga masyarakat Jakarta bisa menikmati Jakarta dengan segar (sebagaimana status ASEAN dan Indonesia sebagai paru-paru dunia) dan disini , masyarakat bisa berinteraksi satu sama lain dalam suasana santai dan menjadi tempat berbagai karya seni yang diekspresikan masyarakat. Seperti bermain musik bersama, atau tempat untuk kegiatan belajar.

    Pembangunan Jakarta tidak terlepas dari Pemerintahan dan Siapa Pemimpinnya. Siapaun yang memimpin Jakarta nanti dan seterusnya, Indonesia akan terus menjadi yang terbaik dan berdampak besar bagi ASEAN dan dunia.

    Kita ketahui bersama bahwa masih ada negara ASEAN yang memiliki konflik politik di negaranya dengan kepemimpinan yang otoriter. Namun, itu adalah persolan pribadi masing-masing negara. Yang pasti sistem pemerintahan horizontal di Indonesia, akan terus menjadi inspirasi dan membawa perubahan bagi negara Asean lainnya.

    Pemerintah Tak Sungkan Belajar Dari Negara Asean Lainnya

    Untuk melakukan sebuah perubahan sistem buatuh adaptasi waktu yang tidak sebentar , kata Jokowi. Singapura juga buatuh waktu yang lama untuk menciptakan perubahan. Seperti pembangunan trasnportasi. Jokowi belajar banyak dari Singapura, bagaimana menciptakan tata kelola kota yang baik.

     
    Jakarta itu Kota Blogger (Pemerintah Akui dan Andalkan Blogger)

    Bagi saya, Jakarta merupakan kota yang paling memberikan apresiasi besar bagi para blogger Indonesia. Aktifitas yang melibatkan blogger sering sekali terjadi di kota Jakarta, bahkan pihak yang melibatkan itu tak hanya swasta tapi juga pemerintah. Pemerintah mengakui bahwa Blogger berperan penting untuk membantu pemerintah menjadi bagian dari personal yang akan membantu mewujudkan program pemerintah dalam tujuan nasional.  Selain memberi pengertian kepada blogger,blogger juga menjadi sumber daya manusia yang sangat handal dalam menyampaikan dan mensosialisasikan informasi itu kembali kepada masyarakat.

    Asean Blogger Community
    Ratusan komunitas blogger di Indonesia dimana mereka dengan ribuan follower dan fan page sebuah group tertentu menjadi sarana yang mudah sekali dalam terkoneksinya informasi lebih merata dan meluas di seluruh Indonesia.  Apabila satu orang user twitter saja memberikan sebuah informasi yang positif maka bukan sebuah kemustahilan jika ternyata informasi itu menyebar kepada ribuan orang dalam waktu singkat dan merata lewat membaca dan retweet yang dilakukan kembali oleh user lainnya.

    Asean Blogger Community berpusat di Jakarta Merupakan sebuah komuntias yang mengajak lintas komunitas se Nusantara bahkan negara Asean lainnya untuk saling berbagi informasi dalam satu tujuan, menjadikan blogger menjadi duta Indonesia dan duta Asean di kancah dunia Internasional. Asean memerlukan masyarakat untuk bisa bersama-sama mewujudkan bahwa kawasan ini adalah sebagai penggerak ekonomi dunia yang mampu menyaingi organisasi internasional lainnya seperti Eropa, Amerika, Jepang dan lain-lain.

    Pemerintah bersama Asean Blogger Community dan swasta pun bekerjasama secara penuh mendukung penyatuan komunitas Asean 2015 yang sudah di depan mata ini. Sebuah program besar dilakukan dengan menyatukan Blogger perwakilan seluruh Indonesai bahkan dari 10 Negara Asean yang betujuan untuk bersama-sama menciptakan suatu kesatuan visi dan memberikan sosialisasi bahwasanya kita adalah satu dalam identitas ASEAN. Blogger dianggap menjadi duta wisata, kesehatan, teknlogi infromasi dan banyak lagi untuk bisa memberikan informasi positif kepada masyarakat banyak. Karena itu Blogger juga disatukan untuk sepakat dalam menciptakan kekompakan, sehingga tak mudah terprovokasi terhadap isu-isu antar negara yang memacu renggangnya hubungan di antara sesama negara Asean dan mengajak masyarakat untuk lebih bijakasana dalam mendengarkan sebuah informasi negatif.

    Asean Blogger Community 24 Agustus 2013
    Jakarta menjadi kota yang akan mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk siap memasuki era perdagangan bebas yang berbasis pada pasar tunggal. Blogger menjadi pilihan pemerintah untuk secara konsisten memberikan informasi edukatif kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia melalui berbagai konten menarik dan positif. Bahkan

    Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat kebebasan pers yang cukup tinggi di Asia tenggara. Hal ini  memberi ruang kepada masyarakatnya sebagai jurnali warga pun untuk lebih bebas berekspresi menyampaikan pendapat dan ide untuk menciptakan sebuah pembangunan.

    Bahkan Blogger yang sangat aktif di Jakarta justru menjadi duta yang tepat bagi dunia untuk mewakili Indonesai dan Asean dalam mempromosikan kawasan ini.



    4000 Salam ASEAN, Monas 15 September 2013

    Sebagai negara yang memprakarsai ASEAN dan merupakan ketua ASEAN, Indonesia terus maju tak hanya mensosialisasikan ASEAN sehingga masyarakatnya siap menghadapi era pasar tunggal nanti, namun Indonesia juga terus menjadi mediasi terhadap berbagai perseteruan yang terjadi antara negara-negara anggota ASEAN. Indonesia merupakan negara yang konsisten terus untuk menyuarakan ASEAN baik ke media, sekolah, masyarakat dan banyak cara. Indonesia percaya diri bahwa di Pasar bebas yang berbasis pasar tunggal nanti, Indonesai akan keluar sebagai pemimpina pasar yang memberikan dampak luas bagi masyarakatnya bahkan mendukung kesejahteraan masyarakat ASEAN sebagai tujuan mulianya.

    Hari Minggu 15 September 2013 Pukul 06.30-10.30 di Monas (yang disebut sebagai Lambang Kota Jakarta) akan diadakan Salam 4000 Asean. Bahkan acara ini juga akan mengundang ribuan pelajar dan diberikan sertifikat peserta yang turut menyuarakan Asean.  Salam Asean berggandengan tangan menyilang menjadi simbol kesiapan masyarakat Indonesia dan Asean dalam membentuk sebuah kesatuan Visi sebagai pribadi yang memiliki identitas yang sama dalam satu komunitas yang disebut ASEAN




    Related Post:

    Jakarta City is The J-Town, Duta ASEAN Bagi Dunia Internasional

    Peringatan Pengawas Pers Internasional, Filipina Tempat BERBAHAYA Bagi Wartawan

    Negeri Serumpun dalam Letak Geografis Asia Tenggara sebagai Jalur Perdagangan Internasional

     Kesatuan Asean 2015, Peluang Jadikan Pelaku Usaha Indonesia Memiliki Usaha ber-Sertifikasi Internasional

     ASEAN In Our Hand With One Vision One Identity One Community



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Jakarta City is The J-Town, Duta ASEAN Bagi Dunia Internasional Rating: 5 Reviewed By: myamazingadventure.com
    Scroll to Top