728x90 AdSpace

  • Latest News

    Cara Mudah Mendapatkan Paspor


    Begitu seringnya maskapai memberi penawaran Tiket Pesawat Murah membuat banyak calon pelanggan berburu tiket pesawat untuk melakukan perjalanan wisata, bisnis atau keperluan lainnya. 

    Penerbangan normal yang seharga Rp 500 Ribu pun bisa didapat dengan harga Rp 200 ribu-an, bahkan menjadi Rp 75 Ribu saja. Bagaimana tidak tergiur? karena itu banyak yang rela untuk berburu dari larut malam sampai dini hari, seperti kebiasaan jadwal dari promo tiket murah. 

    Saya saja pernah mendapatkan penerbangan murah dari Jakarta-Surabaya yang tadinya sekitar Rp 300 ribu-an harga normal menjadi Rp Nol rupiah. Saya cukup hanya membayar Rp 5ribu saja untuk iuran IJWR yang wajib ada. 

    Namun, selain banyaknya maskapai yang menawarkan tiket pesawat murah untuk penerbangan domestik, justru terkadang tiket promo ke luar negeri "sangat murah" dan tak seperti yang dibayangkan. B

    Contohnya saja, promo 22 September kemarin, bagi mereka yang ada di kota Medan, sudah bisa terbang ke Singapura atau Kuala Lumpur dengan harga Rp 68 ribu an, sebelumnya menawarkan harga Rp 33 ribu saja. Dari Medan bisa pergi ke Bangkok dengan tiket Rp 300 ribu-an. Nah, bagi mereka yang dari Bali bisa juga ke Darwin dan Perth hanya tiket Rp 300 ribu-an.

    Sedangkan dari Daerah ibu kota (Jakarta), memberikan banyak penawaran tiket murah ke banyak daerah tujuan wisata yang discount sekitar 70-80%.

    Sayangnya,  ketika menemukan harga Tiket promo Luar Negeri yang murah habis dan  butuh "kecepatan kilat" untuk merebut "seat" nya, justru ternyata terkendala pada persyaratan Nomor Paspor dalam pembelian tiket. Alhasil promo berlalu begitu saja.

    Banyak orang beranggapan bahwa untuk mendapatkan paspor itu cukup sulit dengan persyaratan yang "ribet".  Tapi taukah anda? yang paling sulit ketika mendapatkan Paspor adalah "Tidak mencobanya sama sekali".

    Mendengar syarat untuk mengurus Paspor dari teman-teman dan melihat dari internet ternyata banyak informasi yang berbeda-beda. Contohnya nih:

    1. Ngurus Paspor itu ribet, harus antri panjang, belum lagi harus wawancara lah, foto lah.
    2. Ngurus paspor itu kalau mau cepat ya mahal, paling cepat 2 minggu, enggak bisa buru-buru
    3. Ngurus paspor sih di banyak infromasi melalui internet bilangnya murah Rp 250 ribu, tapi kenyataannya kita harus bayar lebih kalau mau cepat, yah standartnya sih 2 minggu atau 1 bulan.
    4. Ngurus paspor mending lewat Calo, 500ribu biasanya, itu udah murah.
    5. Temenku urus pasor  1. 2 juta loh, karena mau jalan-jalan ke Thailand.


    Semakin kita mendengar informasi yang tidak jelas, semakin kita "malas" untuk mengurus paspor, mungkin saja pengalaman teman-teman tersebut benar, tetapi sistem kan sudah banyak yang berubah.

    Akhirnya saya mencoba melalui jalur normal sekalipun banyak teman mengusulkan cara instan saja. Oh ya  teman-teman juga bisa pergi ke Kantor Imigrasi terdekat dengan anda.

    Prosedur Mudahnya Mengurus Paspor (berdasarkan pengalaman September 2013)

    1. Prosedur I : Pemohon pergi ke kantor imigrasi terdekat dengan anda, dengan membawa persyaratan:

    1. KTP   (masih berlaku tentunya)
    2 .Kartu Keluarga
    3. Akte Kelahiran (Anda bisa bawa salah satunya Akta Perkawinan atau Buku Nikah atau Surat Babtis)
    4. Ijazah 

    Keempat dokument tersebut bagi menjadi dua map, yaitu untuk Asli dan fotokopi Ukuran A-4 (walau nanti disana akan diberikan Map khusus juga), tujuannya adalah supaya lebih rapi.


    Ingat: Jadwal untuk registrasi Manual adalah dari jam : 07.00-12.00WIB

    2. Setelah menunjukkan semua dokumen, anda akan diberikan nomor antrian Registrasi dan Formulir kosong untuk diisi.  (Di kantor imigrasi yang saya datangi dibagi atas 4 bagian antrian A, B, C dan D)


    3. Menyerahkan Dokumen + Formulir yang sudah diisi ke loket dan mendapatkan Tanda Terima Dokumen, apabila Biodata anda tidak masuk dalam Daftar Pencegahan

    TandaTerima: Sebagai bukti untuk anda mendapatkan nomor antrian sesi berikutnya (biasa 3 hari kemudian)

    2. Prosedur II : Pemohon kembali ke kantor imigrasi untuk sesi Pembayaran, Foto, Wawancara dan Pengambilan Paspor

    1. Pemohon membawa bukti "Tanda Terima Dokumen" dan mendapatkan nomor antrian. Pemohon sebaiknya menyiapkan uang sebesar Rp 255,000.00

    2. Pemohon melakukan pembayaran di loket pembayaran (Bendahara) dan mendapatkan bukti "Tanda Terima Pembayaran"

    3. Pemohon kembali menunggu nomor antrian untuk sesi Foto, saat dipanggil, masuk keruangan Foto dan mengantri (sebentar saja). Ada 10 petugas untuk mengambil foto pemohon. (waktu sesi foto sekitar 30detik -1 menit)

    4. Sesi Wawancara

    Nah, disini ada formulir yang diisi seputar data diri dan tujuan buat paspor untuk kemana. Ternyata sesi wawancara yang dimaksud berikutnya disini hanya memastikan bahwa data diri sudah benar (lebih kepada konfirmasi) dan menanyakan kembali tujuan pembuatan paspor. (waktunya sekitar 2-3 menit). Waktu itu saya ditanyakan hendak ke negara mana? saya menjawab: Negara ASEAN

    5. Setelah itu, pemohon memberikan "Tanda Terima Pembayaran" tadi ke loket untuk menerima Paspor  (waktu sekitar 2-3 menit)

    6. Selamat Travelling Keliling Indonesia - ASEAN..!!  

    Bagi yang mau hunting tiket promo, jangan lupa ada 10 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah



    Namun, sekarang diberikan kemudahan untuk melakukan Registrasi melalui Online, jadi anda langsung ke Prosedur ke-2 dengan membawa Bukti Registrasi dari Website ke kantor imigrasi (dengan dokumen asli) dan cukup hanya mengantri langsung sesi Pembayaran,  Foto, Wawancara dan pengambilan Paspor. Jadi semua bisa dilakukan dalam 1 Hari.

    Jadi mudah bukan? gak harus nunggu 3 hari, seminggu, sebulan, harus ke calo, harus bayar mahal. karena ternyata bisa dilakukan dalam 1 hari dengan biaya Rp 255,000.00

    Sesuatu semakin sulit ketika tidak mulai melangkah. :) Selamat Packing bagi yang sudah mendapatkan tiket promo..! :)


     

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Cara Mudah Mendapatkan Paspor Rating: 5 Reviewed By: myamazingadventure.com
    Scroll to Top