728x90 AdSpace

  • Latest News

    Negeri Serumpun dalam Letak Geografis Asia Tenggara sebagai Jalur Perdagangan Internasional

    Candi Borobudur memiliki kemiripan dengan Candi Angkor Kamboja. Padahal Borobudur dbangun 3 abad sebelumnya.

    Kita kembali melihat letak daripada geografis Indonesia yang berada di Kawasan Asia Tenggara. Indonesia berada pada jalur Perdagangan Internasional dan hal ini menyebabkan banyaknya warga asing dengan berbagai latar budaya masuk ke Indonesia sehingga terjadinya penertrasi pembentukan budaya di Indonesia, termasuk dalam hal ini adalah masuknya peradaban budaya India yang dibawa oleh masyarakat yang melakukan perjalanan.

    Banyak warga asing dengan latar belakang kepercayaan pun mempengaruhi sebuah peradaban yang terasimilasi dan tercampurnya sebuah budaya yang masuk ke Indonesia.

    Sistem kepercayaan yang ada di Indonesia pada zaman dahulu adalah dinamisme dan animisme. Kepercayaan Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib atau benda tertentu yang dianggap memiliki kekuatan tertentu, sedangkan Kepercayaan Animisme adalah kepercayaan  terhadap roh roh nenek moyang.

    Pada Zaman dahulu bangunan yang terbentuk adalah bangunan megalitik yang dirancang khusus untuk tempat-tempat pemujaan dimana adanya kepercayaan penduduk tertentu terhadap turunnya roh para leluhur atau nenek moyang.

    Sistem kepercayaan terhadap dewa-dewapun terbentuk dan dan dibangunlah  bangunan-bangunan peribadatan seperti candi prambanan, Candi Borobudur dan banyak jenis candi yang ada di Indonesia.

    Candi Borobudur yang terletak di Magelang - Jawa Tengah merupakan Candi Budha. Menurut cerita rakyat lekukan pegunungan yang ada di sekitar candi borobudur adalah bagai sesosok manusia yang sedang tertidur, dan mereka menganggap sosok itu adalah Gunadharma.

    Agama atau kepercayaan akan mengalami penyebaran seiring dengan habit yang terbentuk dari sebuah kepercayaan. Layaknya bangunan ibadah seperti masjid, gereja, wihara, dan lain-lain, memiliki kemiripan dalam relief dan struktur bangunan. Tempat ibadah tersebut adalah contoh bangunan yang ditemukan dalam berbagai tempat di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

    Demikian dengan kepercayaan terhadap dewa-dewa pun terinterprestasi dalam sebuah tempat pemujaan seperti Candi. Negara Kawasan Asia tenggara atau Negara ASEAN yang memiliki kondisi letak geografis yang strategis adalah keniscayaan memiliki latar budaya dan peradaban yang sama seiring dengan terfungsinya letak itu sebagai jalur perdangan internasional. Candi Angkor Wat akan sangat mungkin memiliki kemiripan dengan Candi Borobudur walaupun  Borobudur sudah dibangun berabad abad sebelumnya.

    Kondisi geografis dan jalur kawasan Asia Tenggara sebagai jalur perdagangan internasional memungkinkan penyebaran penduduk antar negara dan terasimilasinya berbagai budaya, termasuk juga terjadinya perkawinan masyaratkat antar negara adalah sangat dimungkinakan, jadi tak asing jika Asean disebut Negeri serumpun.



    Kondisi relief candi borobudur  dan kepercayaan yang dianut oleh candi Borobudur merupakan refleksi dari Budha Mahayana yang berasal dari India. Sistem kepercayaan yang berkembang di Indonesia sebelum masuknya Hindu-Budha adalah kepecayaan animisme dan dinamisme, sehingga ketika masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia, masyarakat akhirnya menganut agama tertentu yang terkolaburasi dengan kepecayaan sebelumnya yaitu animisme dan dinamisme.

    Terbukanya dan ketertarikannya masyarakat Indonesia dengan kehidupan di masa lampau menjadi watak yang memungkinkan terjadinya perbauran budaya antar generasi. Kesamaan kepercayaan memungkinkan kesamaan atau kemiripan tempat-tempat pemujaan yang tertuang dalam sebuah bangunan yang disebut candi.

    Indonesia yang kaya akan berbagai budaya merupakan identitas yang terbentuk dan terjalin dalam berbagai kekayaan kebudayaan yang mirip dengan negara Asean lainnya, salah satunya adalah kemiripan Candi Borobudur Indonesia dan Candi Angkor Wat dari Kamboja.




    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Negeri Serumpun dalam Letak Geografis Asia Tenggara sebagai Jalur Perdagangan Internasional Rating: 5 Reviewed By: myamazingadventure.com
    Scroll to Top