728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tips Merawat Batik Tulis Ala Puteri Karaton

    Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan seni dan budaya.

    Nah, Batik adalah salah satu karya seni dari anak bangsa yang telah membuat Indonesia dikenal di mata dunia. Bahkan kalau mengenakan batik yang sudah sering digunakan menjadi pilihan dalam acara-acara resmi, tentu nama Indonesia akan diingat.

    Beragam corak dan warna memperkaya keindahan itu. Tapi ternyata, batik butuh perawatan yang khusus dibanding dengan kain biasa lainnya. 

    Untuk tetap awet dan warna tetap cantik dan cerah, berikut saya bagikan Tips merawat Batik Tulis ala Putri Karaton Surakarta yang saya ketika kunjungan  Delegasi Asean Blogger Festival 2013 di Solo, 09-12 May 2013 yang lalu. 

    Nah, apa sih tipsnya agar batik kesayangan kita tetap awet?

     1. Keluarkan dari lemari dan di angin-anginkan

     2. Gunakan “buah lerak” yang direndam dalam air hangat, di remas-remas sampai sampai berbusa, kemudian tambah air secukupnya dan siap untuk mencuci batik atau menggunakan “daun dilem”dengan proses yang sama dengan buah lerak dimana aroma daun ini dapat mencegah bintang kecil merusak jaringan.

     3. Hindari menjemur batik di bawah sinar matahari langsung, disarankan dengan cara diangin-anginkan saja di tempat yang teduh. 

    4. Saat menjemur disarankan harus rapi, agar bila kering tidak perlu disetrika. 5. Sesudah kain kering kemudian dimasukkan dalam lemari yang telah diberi seikat akar wangi. 

    Seni membatik merupakan karya budaya Karaton yang sudah mendunia.

    Mau tau kekayaan budaya Karaton Surakarta? simak disini yah:

    Istimewanya Karaton Surakarta Sebagai Warisan Budaya Asia.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Tips Merawat Batik Tulis Ala Puteri Karaton Rating: 5 Reviewed By: myamazingadventure.com
    Scroll to Top